Menu

Mode Gelap
BPKN RI Gerak Cepat Diduga Adanya Kerugian Konsumen Terkait Produk Kosmetik Kanemochi Dandim 0510/Tigaraksa Buka Latihan Dasar Kepemimpinan Kepada Komponen Masyarakat Wantanas : Energi Terbarukan Solusi Berkurangnya Energi Fosil Momentum Ulang Tahun Partai, Kemenangan DPC Kab. Tangerang Partai Demokrat Semakin Cerah Isu Disharmoni Panglima TNI dan KSAD Tidak Benar, Keduanya Tetap Solid

SOSIAL · 14 Sep 2022 06:43 WIB ·

EDUKASI ALAT KESEHATAN DAN PKRT BERSAMA DINKES PROVINSI BANTEN Dr. dr. ATI PRAMUJI ASTUTI “SADAR MUTU DAN TERJAMIN BAIK UNTUK MASYARAKAT”


 EDUKASI ALAT KESEHATAN DAN PKRT BERSAMA DINKES PROVINSI BANTEN Dr. dr. ATI PRAMUJI ASTUTI “SADAR MUTU DAN TERJAMIN BAIK UNTUK MASYARAKAT” Perbesar

TANGERANG, Barativi.info – Peran pemerintah dalam menjamin keamanan dan mutu alat kesehatan (Alkes) dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) diimplementasikan dalam ketentuan izin edar alat kesehatan dan PKRT sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 62 Tahun 2017. Selain Pemerintah, masyarakat juga harus berperan aktif dalam pengendalian keamanan dan mutu Alkes dan PKRT yang beredar karena tanpa ada keterlibatan dari kedua belah pihak, pengendalian tersebut sulit dicapai.

Kurangnya pengetahuan dan informasi tentang Alkes dan PKRT seperti persepsi yang salah terhadap iklan Alkes atau PKRT, penggunaan Alkes dan PKRT yang tidak sesuai peruntukan, tidak mengetahui izin edar, cara penggunaan, penyimpanan, membuang yang benar dan kurang kesadaran dalam membaca petunjuk penggunaan merupakan beberapa masalah penggunaan Alkes dan PKRT di masyarakat.

Oleh karena itu Dinas Kesehatan Provinsi Banten melaksanakan kegiatan Sosialisasi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Keamanan dan Mutu Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga kepada masyarakat dan kader kesehatan secara rutin di berbagai daerah, dan pada kesempatan kali ini diselenggarakan di Aula Gedung Diklat Kabupaten Tangerang.

Kegiatan yang diikuti oleh 300 orang peserta yang terdiri dari masyarakat, kader kesehatan termasuk petugas Dinas Kesehatan dan dihadiri oleh anggota Komisi VIII DPR RI, H. Muhammad Rizal, S.H. MM,
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Dr. dr. Hj. Ati Pramuji Astuti MARS, Lurah Binong Juhri Saputra, S.Pd.I, M.Si, Kabid Pelayanan Kesehatan Kabupaten Tangerang dr. Muhammad Faridzi Fikri.

ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan pehamanan kepada masyarakat dalam menggunakan Alkes dan PKRT dengan benar seperti:

1. Memastikan produk terdapat izin edar yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI;

2. Memperhatikan dan mengikuti petunjuk penggunaan serta petunjuk keamanan pada kemasan;

3. Menyimpan produk di tempat yang aman, jauh dari jangkauan anak-anak;

4. Memilih produk yang ekonomis dan sesuai kebutuhan;

5. Tidak mudah percaya dengan produk yang diiklankan dengan klaim berlebihan.

Sosialisasi Kesehatan Masyarakat Bersama Kadis Kesehatan Provinsi Banten Dr. dr. Hj. Ati Pramuji Astuti MARS

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Dr.dr.Hj.Ati pramuji Astuti MARS dalam penuturannya “Salah satu upaya peningkatan keamanan dan mutu dengan edukasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahanan masyarakat dalam menggunakan Alkes dan PKRT dengan benar dan sadar sehingga terhindar dari efek kesalahan penggunaan Alkes dan PKRT seperti pengukuran tidak akurat, keracunan, alergi, tujuan tidak tercapai dan sebagainya. Sehingga masyarakat harus dengan sadar dari sisi produk dan kwalitas harus baik dan terjamin.”

Fadli/Irawan

Artikel ini telah dibaca 90 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pimpinan Redaksi Postnewstime Tolak Revisi Undang-Undang Penyiaran

29 Mei 2024 - 08:55 WIB

DPW BAKOMUDIN Provinsi Banten Siap Mendukung H. Dahlan Sebagai Bakal Calon Bupati Kabupaten Tangerang

26 Mei 2024 - 09:41 WIB

Warga Perumahan Graha Lestari Antusias Ikut Serta Baksos Kesehatan

26 Mei 2024 - 09:33 WIB

Penyidik di Propamkan, Ini Penjelasan Kanit Reskrim Polsek Cilincing

21 Mei 2024 - 02:45 WIB

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Solear Mengadakan Konferensi

20 Mei 2024 - 02:16 WIB

Pelantikan Pengurus FPRB-API Kabupaten Dikukuhkan Langsung Sekda Maesyal Rasyid

10 Mei 2024 - 14:37 WIB

Trending di DAERAH