Menu

Mode Gelap
BPKN RI Gerak Cepat Diduga Adanya Kerugian Konsumen Terkait Produk Kosmetik Kanemochi Dandim 0510/Tigaraksa Buka Latihan Dasar Kepemimpinan Kepada Komponen Masyarakat Wantanas : Energi Terbarukan Solusi Berkurangnya Energi Fosil Momentum Ulang Tahun Partai, Kemenangan DPC Kab. Tangerang Partai Demokrat Semakin Cerah Isu Disharmoni Panglima TNI dan KSAD Tidak Benar, Keduanya Tetap Solid

BUDAYA · 4 Okt 2022 07:38 WIB ·

SEMINAR SENI BUDAYA PENCAK SILAT SINERGITAS PUB BERSAMA PEMDA KABUPATEN TANGERANG


 SEMINAR SENI BUDAYA PENCAK SILAT  SINERGITAS PUB BERSAMA PEMDA KABUPATEN TANGERANG Perbesar

Tangerang | Barativi.info – Seni Budaya Pencak silat memiliki keterkaitan yang panjang dengan sejarah leluhur nusantara. Seni olah raga dan karsa ini telah menjadi warisan tersendiri bagi budaya bangsa. Memang dalam perjalanannya, terjadi beragam cerita yang patut untuk dipelajari dan didalami. Mulai dari kemunculannya yang digunakan sebagai seni bela diri untuk menghadapi musuh, hingga hiburan berupa gerakan – dinamis yang diiringi oleh musik klasik.

Mengingat pencak silat sebagai warisan budaya sekaligus falsafah bangsa, maka diperlukan adanya pemantapan keilmuan. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah melalui seminar. Sehingga untuk mencapai tujuan mulia tersebut, PUB (Perkumpulan Urang Banten) menggelar Seminar Seni Budaya dengan tema Sinergitas PUB Bersama Pemda Terhadap pembinaan Pencak Silat Tradisional Di Kabupaten Tangerang. Acara ini di prakarsai oleh PUB Kabupaten Tangerang agar Seni Budaya Bela Diri atau Pencak Silat tidak tergerus oleh jaman moderenisasi. Minggu (02/10/2022)

Bertempat di Restoran Kampung Kalapa Kecamatan Sindang Jaya, Dan dipelopori oleh ketua umum DPP PUB Irjen (Purn) Drs. H. Taufiqurrahman Ruki, SH. Kegiatan ini di moderatori oleh Saadulloh, SE. M.M, dan nampak hadir H. Yani Sutisna SH. M.Si mewakili Bupati Tangerang yang juga sebagai Ketua IPSI Kab Tangerang, Kepala Kesbangpol Drs.H. Arif Rahman.

Dihadiri oleh para Narasumber yiatu A. Yani S.Sos, M Si. Waketum Bidang Budaya DPP PUB. Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tangerang yg di wakili oleh Kepala Bidang Olahraga Ali Marisan, S.Pd., M.Si dan Kepala Seksi Pariwisata dan turut hadir dr. Nanang Chaeroni S.Pd M.Pd yang juga Dewan Penasehat PUB Kabupaten Tangerang

Ketua Panitia Pelaksana Seminar Adnan Hasim Wiranata Kusuma, SH, S.Ag menyampaikan laporan bahwa kegiatan ini hasil dari pada Raker PUB bulan lalu, bahwa sinergi antara pemda dan pelaku seni Budaya di kab. Tangerang harus diwujudkan dalam bentuk seminar dan festival para pelaku seni Budaya.

Hj. Aida Hubaedah, SE. MM sebagai Ketua PUB Kab. Tangerang dalam materinya mengungkapkan “Sinergitas PUB dengan Pemda terhadap Pembinaan Pencak silat Tradisional di Kabupaten Tangerang ”, agar dapat beriringan dengan visi misi yang sama “Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Tangerang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera dan Sinergitas antara PUB dan Pemda harus selalu sejalan karena tujuan Disporabudpar Kabupaten Tangerang  khususnya bidang olahraga.

Dengan pembahasan yang menarik, antusiasme peserta pun terbilang baik dengan dihadiri oleh para pimpinan sanggar pencak silat, akademisi, dan Pemda setempat. Karena seminar keilmuan pencak silat jarang diadakan oleh lembaga atau instansi manapun.
Ketua PUB (Perkumpulan Urang Banten) Kabupaten Tangerang Hj. Aida Hubaedah, SE. MM sebagai penggagas seminar tersebut menjelaskan “Dengan adanya seminar ini, menjadi sebuah gerbang baru untuk mendalami warisan -kearifan lokal milik bangsa. Karena kebesaran sebuah bangsa terlihat dari seberapa berharga sejarah seni budaya di mata mereka.”

Harapannya “Semoga dengan adanya seminar ini memberikan angin segar kepada iklim pencak silat di Banten khususnya di Kabupaten Tangerang, untuk lebih menghargai budaya bangsa. Dan sekaligus sebagai pemantik even – even lanjutan mengenai pencak silat yang tentunya masih banyak hal yang perlu digali. Kedepannya perlu ada langkah konkrit dan sinergitas dari semua stakeholder dan juga ada kajian terhadap pencak silat tradisional di kabupaten tangerang yang bisa dijadikan rujukan semua pihak untuk pembinaan dan pelestarian kebudayaan. Dan PUB sendiri agar bisa menjadi motor penggerak dari berbagai arah untuk berkembang Seni Budaya khususnya di Kabupaten Tangerang sesuai jargonnya PUB. Salam ke Bantenan ‘ KABULA KABALE KABALENDONGAN ‘. Urang Banten harus exsis, tampil dan bermanfaat dimanapun berada.” Tutur Hj. Aida Hubaedah, SE. MM

Jurnalis : Irawan
Reporter: Fadli

 

 

Artikel ini telah dibaca 123 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Redaksi Bara TV, Ucapkan Selamat Pada Gleen Daniel S.H LBH GMBI DPP Kota Bandung 

18 April 2024 - 01:34 WIB

Gleen Daniel S.H Tengah Diwawancarai Perihal Kuasa Hukum Didaerah Kota Tangerang | Foto Khusus R. Fadli

Pemerintah Kecamatan Cisauk Mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah / 2024 M, Mohon Maaf Lahir Dan Batin

15 April 2024 - 07:07 WIB

Santunan Yatim Piatu Terlaksana, Kegitan Rutin Karang Taruna Sepatan

8 April 2024 - 17:24 WIB

Silaturahmi Mahasiswa Sumatera Selatan Adakan Mudik Gratis Jakarta Palembang

4 April 2024 - 04:53 WIB

Pemuda Pancasila PAC Kec.Cikupa Berbagi 3000 Takjil Di bulan Penuh Berkah

1 April 2024 - 05:22 WIB

Berbagi Kemuliaan Dibulan Ramadhan Bersama Anak Yatim Piatu Oleh Warga Villa Verde Barat Citra Raya

31 Maret 2024 - 13:09 WIB

Trending di BUDAYA