Menu

Mode Gelap
BPKN RI Gerak Cepat Diduga Adanya Kerugian Konsumen Terkait Produk Kosmetik Kanemochi Dandim 0510/Tigaraksa Buka Latihan Dasar Kepemimpinan Kepada Komponen Masyarakat Wantanas : Energi Terbarukan Solusi Berkurangnya Energi Fosil Momentum Ulang Tahun Partai, Kemenangan DPC Kab. Tangerang Partai Demokrat Semakin Cerah Isu Disharmoni Panglima TNI dan KSAD Tidak Benar, Keduanya Tetap Solid

POLITIK · 1 Feb 2023 08:01 WIB ·

Anggota Dewan DPR RI Muhammad Rizal Sering Enggan Diwawancarai Kalangan Wartawan Dengan Berbagai Alasan


 Anggota Dewan DPR RI Muhammad Rizal  Sering Enggan Diwawancarai Kalangan Wartawan Dengan Berbagai Alasan Perbesar

Kabupaten Tangerang | Barativi.info – Masa reses diresmikan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dalam rapat paripurna ke-13 Masa Persidangan Tahun Sidang 2022-2023 menghimbau agar seluruh anggota dewan menemui seluruh rakyat di daerah pemilihan (dapil).

Kegiatan Reses sering dilakukan oleh seluruh kalangan Dewan baik dari pusat atau provinsi dan juga Kota ataupun Kabupaten, Para anggota dewan memiliki tugas menampung dan menyerap aspirasi masyarakat pada saat masa reses. Itulah mengapa anggota dewan diinstruksikan untuk kembali ke Dapil masing-masing dan menemui para rakyat yang tinggal di sana.

Patut disorot pada Masa Reses Dewan DPR RI Dapil Banten III Muhammad Rizal sangat berbeda dengan Dewan lainnya pasalnya beliau acap kali enggan di wawancarai oleh awak media “Dalam berbagai kesempatan Reses yang dilaksanakan didaerah Kabupaten Tangerang setelah selesai acara langsung pulang tanpa ada sepatah dua kata kepada awak media, padahal kami sudah lama menunggu, sudah mengisi buku tamu tetapi tidak bisa diwawancara. Katanya silahkan wawancarai saja narasumber lainnya, tetapi dalam perjalanan menuju mobil masih saja bisa berkomunikasi dengan tamu lainnya,” kata Fadli, wartawan Bara TV wilayah liputan Banten, Kamis.

Rahmat dari Media Vonisinvetigasi.co.id mengalami hal serupa, seperti pada acara BPPKTT pada Tanggal 21 Januari 2023 yang lalu di Gedung Diklat Pemda Curug Kabupaten Tangerang enggan di wawancarai oleh awak media langsung pergi tanpa ada alasan tertentu, terlebih para Staff Dewan pun sering kali menghindar untuk diminta arahannya dan memilih untuk berdebat dengan rekan-rekan media tanpa bisa memberikan solusi untuk bisa komunikasi dengan pak Dewan Rizal.

Sementara itu Ketua FWJI Korwil Kabupaten Tangerang, Irawan Sumardi mengungkapkan masa Reses yang sudah menjadi kewajiban seorang Legislatif turun ke masyarakat untuk mengetahui keluhan dibawah akan tetapi wartawan sebagai tombak informasi masyarakat juga harus tahu kegiatan tersebut karena masyarakat luas lainnya wajib mengetahui kegiatan Dewan sendiri karena itu merupakan bagian dari pahamnya seorang pejabat ketika di ranah publik, dalam UU No.14 Tahun 2018 Tentang Keterbukaan Informasi Pejabat Publik wajib memberikan informasi secara luas kepada masyarakat karena menyangkut anggaran dan biaya sifatnya dari Negara atau Badan Usaha lainnya.

“dalam berbagai kesempatan lainnya pun saya melihat langsung para awak media yang hadir dalam kegiatan Reses Dewan Rizal yang sering di pandang sebelah mata oleh oknum staff dewan tersebut dengan beragam alasan bahwa wartawan tidak diundang absen hanya untuk kalangan tertentu, tidak diperkenankan masuk ruangan, dan lain-lain, saya pikir sikap seperti ini tidak pantas dilakukan seorang pejabat publik,” katanya.

Menurut dia, kesan yang muncul terhadap peristiwa tersebut adalah seorang pejabat publik enggan bertemu wartawan dengan berbagai alasan yang sebenarnya tidak masuk akal, tandas Irawan.

Red

Artikel ini telah dibaca 68 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Redaksi Bara TV, Ucapkan Selamat Pada Gleen Daniel S.H LBH GMBI DPP Kota Bandung 

18 April 2024 - 01:34 WIB

Gleen Daniel S.H Tengah Diwawancarai Perihal Kuasa Hukum Didaerah Kota Tangerang | Foto Khusus R. Fadli

Momentum Akhir Ramadhan Pasukan Militan Sachrudin Konsolidasi Dengan H. Sachrudin Untuk Mendukung Menjadi Walikota Kota Tangerang

9 April 2024 - 13:36 WIB

Kabupaten Tangerang Perlu Pemimpin Muda Yang Militan Dan Pro Rakyat

2 April 2024 - 07:06 WIB

Caleg Yang Tak Lolos Harus Legowo Menerima Kekalahan, Penggelembungan Suara Bukan Menjadi Alasan

16 Maret 2024 - 08:44 WIB

PKS Mepertahankan Posisi Peringkat Ke-3 Pileg Kabupaten Bogor Pada Pemilu 2024, Suara Diprediksi Meningkat 14%

19 Februari 2024 - 13:51 WIB

Solid Dan Militan PROJO DPC Kabupaten Tangerang Bentuk 1096 Posko Gemoy Menangkan Prabowo Gibran Secara Masif

15 Februari 2024 - 16:59 WIB

Trending di Nasional