Menu

Mode Gelap
BPKN RI Gerak Cepat Diduga Adanya Kerugian Konsumen Terkait Produk Kosmetik Kanemochi Dandim 0510/Tigaraksa Buka Latihan Dasar Kepemimpinan Kepada Komponen Masyarakat Wantanas : Energi Terbarukan Solusi Berkurangnya Energi Fosil Momentum Ulang Tahun Partai, Kemenangan DPC Kab. Tangerang Partai Demokrat Semakin Cerah Isu Disharmoni Panglima TNI dan KSAD Tidak Benar, Keduanya Tetap Solid

HUKUM · 6 Mar 2023 01:58 WIB ·

MyRepublic Corporate Besar Bandel Pasang Jaringan Insfratruktur Kabel Diduga Tak Berizin


 MyRepublic Corporate Besar Bandel Pasang Jaringan Insfratruktur Kabel Diduga Tak Berizin Perbesar

Tangerang | Barativi.info – Pekerjaan galian kabel internet MyRepublic merupakan perusahaan anak cabang Sinarmas yang mengerjakan galian kabel internet di Perumahan Bumi Jati Elok Desa Malangnengah Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang, hasil penelusuran awak media kegiatan galian Kabel kabel internet MyRepublic diduga tidak memiliki ijin dari Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui rekomendasi teknis dari Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air dan OSS Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMSTP)  Kabupaten Tangerang.

Berdasarkan keterangan dari dinas Binamarga dan SDA Internet My Republik mengajukan ijin hanya wilayah Kelurahan Binong dan Pasarkemis Untuk wilayah Desa Malang Nengah Kecamatan Pagedangan tidak ada permohonan ijin dari pihak My Republik.

Dilokasi pekerjaan awak media bertemu dengan pihak pengawas saudara Rahman dari Sub Kon CV. Mahadaya Cipta yang berdomisi Bubulak bogor,  Sedangkan sebagai Man Kon dari  Pekerjaan galian kabel internet MyRepublic adalah Fiberhome, menurut keterangan saudara firman kepada awak media, bahwa pekerjaan galian kabel internet MyRepublic telah diberikan ijin dari pengurus warga setempat dan telah memberikan dana untuk mengijinkan Pekerjaan galian kabel internet MyRepublic.

Ketika dimintai tanggapan pengawas yang seharusnya ijin yang diberikan adalah ijin dari Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui rekomendasi teknis dari Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air dan OSS DPMSTP  Kabupaten Tangerang, Pengurus Lingkungan bukanlah intitusi yang berwenang mengeluarkan ijin, saudara firman tidak tahu tentang sistem perijinan galian kabel di Kabupaten Tangerang karena hal tersebut adalah urusan dari vendor, tandasnya

Awak media menanyakan spesifikasi teknis kedalaman galian kepada pihak pengawas sub kon adalah 40 CM akan tetapi setelah dilakukan pengecekan kedalaman variasi antara 15 s/d 25 Cm kedalaman galianpun disinyalir tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh SITAC (Site Acquisition), dalam perizinan ketingkat Dinas Kabupaten Tangerang disinyalir tidak dikeluarkan serta tidak maksimalnya K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) bagi pekerja galian tersebut.

Hasil keterangan pengawas saudara Rahman dari Sub Kon CV. Mahadaya Cipta kepada awak media diatas patut diduga adanya Gratifikasi atau penyuapan yang dilakukan oleh pihak MyRepublik kepada pengurus warga Bumi Jatielok dan tidak menutup kemungkinan diduga ada keterlibatan pihak Desa Malangnengah dalam kegiatan Pekerjaan galian kabel internet MyRepublic yang tidak mempunyai ijin.

Galian pekerjaan kabel bawah tanah MyRepublik melanggar Perda Kabupaten Tangerang No 13 Tahun 2011 Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tangerang. Adapun Peraturan yang mengatur tentang gratifikasi itu ada pada pasal 12B ayat (1) UU No.31/1999 jo UU No.20/2001 yang berbunyi setiap gratifikasi pada pegawai negri atau penyelenggara Negara dianggap pemberian suap, apabila berhubungan dengan jabatannya dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya serta Undang Undang Tahun RI Nomor 11 Tahun 1980 Tentang Tindak Pidana Suap pasal 2 dan 3.

Awak media akan konsultasikan kepada Pihak Kejaksaan Negeri Tigaraksa Kabupaten Tangerang apakah hal tersebut bisa dikategorikan pidana atau bukan.

Irawan/Ricky

Artikel ini telah dibaca 421 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

LPM Terang – Terangan Dukung Supian Suri Jadi Walikota Depok, FWJ Indonesia: Hati – Hati

17 April 2024 - 02:56 WIB

Silaturahmi Mahasiswa Sumatera Selatan Adakan Mudik Gratis Jakarta Palembang

4 April 2024 - 04:53 WIB

PT Communication Cable Systems Indonesia (CCSI) Mengerjakan Jaringan Fiber Optic Tanpa Izin Pemerintah Daerah

2 April 2024 - 13:14 WIB

Ujang Nurjaya Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Cikupa Menghimbau Kepada Warga Harus Jaga Keamanan Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H

1 April 2024 - 06:56 WIB

Kapolres Metro Tangerang Kota Himbau Oknum Ormas Agar Tidak Peras Modus THR

1 April 2024 - 03:53 WIB

Pokdarkamtibmas Bhayangkara Polsek Cikupa Adakan Buka Puasa Bersama Pengurus Dan Anggota

29 Maret 2024 - 12:15 WIB

Trending di BUDAYA